Selasa, 14 April 2009

Punya adik baru...


Satu kali saya bermain ke rumah teman. Anaknya baru satu, laki-laki. Sudah agak besar sih, umurnya sekitar 5 tahun. Karena sudah lama tidak berkunjung, saya agak kaget (akhirnya) teman saya ini sudah hamil. Maklumlah, meski sudah lama ingin punya anak lagi, teman saya agak susah hamil. Sambil ngobrol, saya perhatikan geliat 'keponakan' saya ini saat tengah bermain. Makin nakal, paling tidak itu yang kulihat. Sepertinya ia cemburu melihat ibu berkurang perhatiaannya saat hamil. Ibu mual-mual, itu sudah biasa. Anak caper saat tidak diperhatikan, ini juga (tentunya) biasa. Tapi, apakah sifat agresif yang dibiarkan tumbuh tak terkendali juga mesti dianggap biasa?

Sebagai tante yang pinter...taela! Saya coba ngobrol dengan ponakan 'buandel' ini. Kepingin tau, apa sih pendapatnya tentang kehamilan sang bunda. Dia (tentunya) senang karena diperhatikan. Ia bertanya, "Tante, kenapa perut bunda buncit? Apa bunda cacingan?". Hehe! Agak tertantang juga nih jelasin sama ponakan.

Hamil. Itu dia kenapa bunda sekarang tambah endut. Bunda juga mual-mual. Ini karena sperma yang dibuat di tubuh ayah ketemu sama sel telur yang dibuat di tubuh ibu. Sperma itu nama sel kelamin laki-laki, bentuknya seperti kecebong. Tau kan cebongke alias kecebong? Itu anaknya kodok. Seperti kecebong, sperma punya kepala yang lonjong, leher, dan ekor. Berbeda sama sel telur yang biasa disebut ovum. Ovum bentuknya bulat, ukurannya lebih gede dari sperma. Nah, kalau sperma dan ovum bertemu di tuba falopii jadi deh calon adikmu..

Calon adik ini keciiil banget, cuma satu sel. Namanya zigot. Dia akan terus tumbuh dan tumbuh di rahim ibumu. Rahim, indah ya nama bagian tubuh ibumu ini? Ada ga ya kaitannya dengan kata Ar-Rahim, sifat Alloh yang artinya Maha Penyayang? Yang jelas, ibu akan menjaga tumbuh besar adik bayi yang ada di rahim dengan penuh kasih sayang... Itulah kenapa perut ibu semakin besar dan keliatan gendut.

Saat ibu baru hamil, ibu akan mual-mual. Kasian ya? Ini karena ada yang berubah di tubuh ibu. Pasti 'kakak' juga sayang sama adik kan? Ibu dan adik pasti senang jika kakak membantu ibu saat hamil. Apalagi kalau ayah dan kakak elus-elus perut ibu. Itu akan membuat mualnya ibu hilang. Si kakak garuk-garuk kepala mendengar penjelasanku, bingung kali yaa...;) Tante yang bikin bingung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar